Desain Foto buat di cetak

Pertama kita musti tentukan mau dicetak ukuran brapa ? 3R ? atau 4R atau R-R yang lain.. Saa kasih bayangan untuk ukuran-ukuran foto nya :

2R : 6×9cm

3R : 8.9×12.7cm

4R : 10.2×15.2cm

5R : 12.7×17.8cm

5RS: 12.7×20.3cm

6R : 15.2×20.3cm

10R : 20.3×25.4cm

10RS : 20.3×30.5cm

12R : 25.4×30.3cm

14R : 28.4×35.3cm

17R : 30.5×40.5cm

19R : 30.5×45.5cm

catatan : tiap-tiap perusahaan cetak beda-beda lho.. ini mendekati aja.. jadi kalo nanti ter crop.. gak bakalan kepotong banyak..

Sekarang kita coba membuat desain dengan ukuran 10R aja yaa…

Buka 5 file foto yang mau digabung. lalu drag satu-satu file foto yang mau digabung tadi ke dokumen yang baru dibuat.

Atur foto-foto nya sedemikian rupa…

Tips : untuk resize secara manual jangan lupa sambil tekan tombol SHIFT biar Compatibility ukurannya gak berubah.. alias gak menyon-menyon ( menyon bahasa apa ya ? ) gak menceng-menceng maksudnya..

kalo ada gambar yang kebesaran dan kita mau CROP.. gini caranya..

klik layer gambar yang mau kita crop, gunakan Rectangle marquee tool buat nyeleksi..

Setelah terseleksi lalu Klik SELECT > INVERSE (jangan lupa kursor masih di layer yang tadi di seleksi).

Tekan delet untuk hapus bagian gambar yang gak dibutuhkan. lalu tekan CTRL +D untuk menghilangkan seleksi.

MEMBERI BINGKAI / EFEK SEDERHANA TIAP FOTO

Klik kanan layer foto pertama.. klik Blending Option.

Untuk member Efek foto mengapung di atas background, klik DROP SHADOW, Parameternya experiment sendiri aja.. kalo mau ngikut juga gpp..jangan dulu di OK yaa…

sekarang untuk memberi garis pinggir di foto nya klik stroke.. parameter atur sendiri aja.. abis gitu klik Ok..

Sekarang gimana caranya biar foto yang laen memiliki Efek sama dengan foto pertama?

Gampang banget! Klik kanan Layer pertama yang sudah diberi EFEK lalu klik COPY LAYER STYLE.

Sekarang klik kanan layer foto yang belum di beri efek lalu Klik PASTE LAYER STYLE. sama kan Efek nya?

Save ke JPG jangan lupa pake quality yang paling bagus biar hasil cetaknya bagus juga.

Ok.. kalo ada pertanyaan di Komentar aja ya..

kalo mau fotonya di miring-miring.. silahkan aja.. gpp kok.. gak ada yang ngelarang.. kamu experimen aja.. sesuai dengan persamaan matematika : ”sering experimen = cepet pinter!”.. Setuju ?

Kalo dimiring-miring :

~ oleh wahyututorial pada 8 April 2010.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: